Widget HTML Atas

Inilah 10 Dampak Buruk Jarang Melakukan Olahraga



Sudah banyak orang yang tau tentang manfaat yang di dapat dengan melakukan olahraga, karena manfaat yang didapatkan sangat berguna bagi yang melakukan olahraga secara rutin.


Melakukan olahraga dapat membuat denyut jantung meningkat, sehingga nutrisi dan oksigen yang di alirkan melalui darah akan tersuplai dengan baik keseluruh tubuh.


Banyak yang setuju dengan melakukan olahraga dapat mendatangkan hal baik untuk kesehatan tubuh, namun persoalannya tidak semua melakukan olahraga secara rutin dan masih memelihara rasa malas untuk melakukan aktifitas tersebut.


Saya mengerti, untuk melakukan olahraga terkadang disebabkan oleh beberpa faktor yang mempengaruhi seseorang, entah itu karena sibuk, atau memang karena pada dasarnya malas melakukannya.


Namun, meskipun demikian akibat yang akan di timbulkan jika jarang olahraga sangatlah beresiko untuk kesehatan tubuh, hingga bisa berujung mendekati kematian. Sangat mengerikan sekali bukan  ?


Berikut di bawah ini beberapa akibat yang akan di hasilkan jika jarang melakukan olahraga :

1. obesitas

Obesitas akan lebih mudah terjadi pada seseorang yang jarang melakukan olahraga. Ungkapan ini dilakukan oleh Andrews di University of St. obesitas itu sendiri akan mendatangkan beberapa penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, hipertensi, radang sendi, gangguan kesuburan dan jenis penyakit lainnya, terkait obesitas.


Penyakit tersebut adalah jenis penyskit yang tergolong yang paling berbahaya, karena sewaktu-waktu dapat mengancam nyawa seseorang.


Namun, apakah anda masih malas melakukan olahraga ?


2. Wajah Kusam dan lesu

Dengan jarangnya melakukan olahraga , maka nutrisi yang di alirkan melalui darah tidak akan tersuplai dengan baik, termasuk ke kulit. Makanya seseorang yang memiliki aktifitas olahraga yang rutin, memiliki wajah yang cerah, karena memiliki aliran darah yang lancar.


3. penuaan dini

Penuaan dini bisa terjadi bagi seseorang yang kurang melakukan olahraga, karena organ tubuh tidak terlatih dengan maksimal. bukan hanya akan terlihat cepat tua, maka fungsi otot, tulang akan lebih mudah terserang osteoposoris, berkurangnnya kemampuan otot dan kemampuan lainnya.


4. sistem kekebalan tubuh menurun

Melakukan olahraga akan menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orangakan cenderung cepat terkena virus, seperti flue jika memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Untuk mengantisifasinya bisa dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika anda nerasa sering terkena fleu, maka sebaiknya mulai sekarang lakukan olahraga.


5. gangguan Pencernaan

Melakukan olahraga dapat membantu pencernaan dalam tubuh menjadi maksimal, proses pembakaran makanan yang dikonsumsi dalam tubuh akan benerja dengan baik. Jika kekurang olahraga maka pencernaan dalam tubuh akan tidak bekerja dengan maksimal dan hasilnya pencernaan akan terganggu.


6. gangguan otot dan saraf

Terganggunya pensuplaian oksigen yang disalurkan melalui darah, maka akan menyebabkan beberpa hal terganggunya kesemutan, lemah, letih dan lesu. Tidak melakukan olahraga maka akan terganggunya aliran darah untuk mensuplai nutrisi dan oksigen.


7. fungsi jantung melemah

Jantung membutuhkan olahraga untuk memaksimalkan fungsinya. Jika jarang melakukan olahraga, maka akan menyebabkan menumpuknya lemak dalam tubuh. Semakin banyak lemak yang bersarang dari setiap jantung, maka fungsi dari jantung itu sendiri, akan melemah.


8. penumpukan lemak

Seseorang yang jarang melakukan olahraga akan memiliki lemak lebih banyak di sekita perut, paha dan lengan. Lemak yang terdapat pada seseorang yang jarang melakukan olahraga, maka akan terlihat lembek dan bergelambir.


9. sulit konsentrasi

Otak memerlukan asupan oksigen dengan baik, agar bisa bekerja dengan maksimal. seseorang jarang melakukan olahraga akan memiliki aliran oksegen yang melalui darah yang tidak baik, sehingga dapat menggangu konsentrasi dan mudah pusing.


10. Berpengaruh pada psikis

Ada penelitian tentang pengaruh olahraga dengan psikis seseorang di Arizona State University . penelitian tersebut mengungkapkan,seseorang yang rajin melakukan olahraga akan terhindar dari depresi dan rasa cemas.


Di saat melakukan olahraga maka tubuh akan mengeluarkan hormon happy atau endorphine, sehingga memiliki pengaruh tentang perasaan seseorang, yang tadinya merasa stress , maka akan berkurang , bahkan berubah menjadi happy.

Berikut adalah beberapa dampak yang akn muncul yang di akibatkan tentang jarang dan kurang melakukan olahraga. Karena sekarang sudah tau penyebabnya, maka selnajutnya tinggal tingkatkan kembali olahraganya.

Tidak ada komentar untuk "Inilah 10 Dampak Buruk Jarang Melakukan Olahraga"